skip to Main Content

About Unicode Pratama

PT Unicode Pratama is a company engaged in the field of trade and services that focus on industry AIDC that was established in June 2008 and located in Jakarta. In today’s business challenges and the company continues to move forward in become the leading IT company in Indonesia.

Get In Touch

Ged. Plaza Harco Elektronik Mangga 2 Lantai 1 No. B1-11, Jakarta, Indonesia
(+6221)62203390
(+6221)6286021
sales@unicodepratama.com
http://unicodepratama.com

Our Location

+628176868308 sales@unicodepratama.com
Pengen Tahu Apa Itu Point Of Sales?

Siapa yang sering ke mini market ataupun pusat belanja lainnya? Bagi kalian yang sering kesana pasti tidak asing lagi dengan mesin kasir, tapi apa sih yang kalian tahu tentang bagaimana cara kerja mesin kasir tersebut. Sebelum kesana, kita harus paham dulu bahwa sistem kasir tersebut dinamakan Poin Of Sales, sebetulnya point of sales merupakan titik akhir dari pembelian bagi si customer. Pada titik ini, penjual akan secara perlahan menghitung jumlah atau total harga barang yang di beli. Bagi kita si pembeli tidak akan begitu terasa manfaatnya, namun akan sangat terasa fungsinya bagi pelaku bisnis.

Dalam perkembangan trading atau jual beli suatu produk butuh skill yang mempuni dalam melakukan pencatatan dan juga pembukuan. Dengan adanya point of sales melalui jaringan komputer yang terhubung dan di operasikan dengan terminal POS system akan tercatat secara sistematis dan meningkatkan kepercayaan pelanggan karena cepat dalam proses penjumlahan barang.

Berikut manfaat dan fungsi dari adanya Point Of Sales:

  • Penjumlahan yang tepat.

Seperti sistem kalkulator yang baik dan profesional akan memberikan kecepatan dalam menjumlahkan produk yang di beli. Manfaat point of sales terasa bagi pemilik bisnis, akan mempermudah dalam penjumlahan dari penjualan, misalnya total satu hari, satu minggu, satu bulan dan satu tahun.

  • Pengecekan barang otomatis.

Manfaat point of sales lainnya untuk mencegah kesalahan manusia dalam mencatat ketersediaan produk atau barang. Dilain hal dapat memberikan keamanan bagi si pemilik usaha dalam mengamankan stock barang yang bisa saja hilang di permainkan oleh oknum karyawan.

  • Laporan penjualan.

Ketika semua data dan arus barang yang sudah teratur dan sistematis dengan baik akan berpengaruh pada pembuatan laporan penjualan yang cepat dan minim kesalahan perhitungan. Manfaat point of sales selanjutnya dapat memberikan kemudahan dalam menyusun beberapa laporan penjualan dari waktu ke waktu.

  • Penggunaan yang mudah.

Tidak ada keahlian khusus di bidang ini, siapapun bisa di ajarkan dan akan cepat memahami cara penggunaan mesin atau software point of sales.

Itulah beberapa manfaat point of sales, pemilihan tentang point of sales yang tepat akan menjamin kelangsungan bisnis Anda. Point if sales dibutuhkan di semua bisnis, perusahaan besar hingga kecil dapat memperoleh kemudahan dari sistem canggih ini. Beberapa elemen harus diperhatikan bagi yang ingin membeli Point Of Sales, pasalnya point of sales merupakan gabungan dari beberapa alat yang di integrasikan, ada barcode scanner, barcode printer dan lainnya.

Bagi pelaku bisnis baik retail, restoran dan lainnya perlu adanya pemahaman lebih lanjut dan juga pembelajaran seputar point of sales. Salah satu tempat yang profesional dalam penjualan serta pemberian konsultasi seputar point of sales ada di sini.

Back To Top