skip to Main Content

About Unicode Pratama

PT Unicode Pratama is a company engaged in the field of trade and services that focus on industry AIDC that was established in June 2008 and located in Jakarta. In today’s business challenges and the company continues to move forward in become the leading IT company in Indonesia.

Get In Touch

Ged. Plaza Harco Elektronik Mangga 2 Lantai 1 No. B1-11, Jakarta, Indonesia
(+6221)62203390
(+6221)6286021
sales@unicodepratama.com
http://unicodepratama.com

Our Location

+628176868308 sales@unicodepratama.com
Begini Rupanya Alat Cetak Sim Card

Hallo semuanya, bagaimana kabar kalian? Semoga baik-baik saja ya, pada pembahasan singkat kali ini, kami akan membahas sesuatu yang penting namun tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Sebetulnya apa sih yang ingin dibahas, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membicarakan tentang bagaimana SIM Card itu tercetak, dan siapa peran dibalik SIM Card yang kita gunakan sebagai instrumen komunikasi.

Ketika dipembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai beberapa teknologi yang berguna untuk kehidupan manusia, pembahasan kali ini tidak kalah pentingnya. Semakin meningkatnya kebutuhan akan telepon genggam, semakin tinggi pula kebutuhan akan SIM Card, sama seperti semakin banyaknya jumlah penduduk, semakin tinggi pula kebutuhan akan beras di tanah air. Tapi tenang kita gak bahas seputar beras dan komoditas lainnya kok, karena kita fokus pada hal-hal teknologi.

Sumber : Majalah Mini ArbesDJ

Tidak bisa dipungkiri memang masyarakat Indonesia sudah melek teknologi, paling tidak teknologi komunikasi berupa telepon genggam. Teknologi telepon genggam atau yang paling mudah dan sering disebut adalah HP merupakan perangkat komunikasi elektronik yang memiliki cara kerja seperti telepon dengan kabel tetapi HP menggunakan nirkabel wireles atau tanpa kabel. Untuk di Indonesia sendiri mempunyai dua jaringan telepon yang sama besarnya yaitu CDMA dan juga GSM.

Tarik sedikit kebelakang tentang bagaimana Martin Cooper sang penemu telepon genggam yang bekerja di Motorola pada tahun 1973, kala itu ide dari cooper yang menginginkan bahwa dibuatnya alat komunikasi yang dapat dibawa kemana-mana. Hingga akhirnya bisa tercipta alat tersebut namun hanya beberapa kalangan saja yang bisa membeli, karena harganya yang sangat mahal.

Sumber : The Daily Beast

Ketika sudah hampir semua sempurna dengan perangkat teknologinya, kita bahas mengenai beberapa generasi yang menghiasi telepon genggam. Pada generasi awal yang dikenal dengan generasi O, teknologi komunikasi ini menggunakan sistem radio untuk menghubungkan secara langsung antara pengirim dan penerima gelombang, biasanya teknologi radio ini sangat dibutuhkan untuk modal komunikasi berperang.

Lebih maju lagi pada generasi 1G, pada generasi ini lebih sempurna dari sebelumnya, di 1973 Martin Cooper menemukan telepon genggan pertama dan sudah berani di publikasikan lebih luas lagi. Telepon genggam ini  berukuran 800 gram dan menjadi salah satu kekurangannya, karena ukurannya yang besar itulah masiih cukup sulit untuk dipegang dan dibawa.

Sumber : KITTERYPTA

Di generasi ke 2G yang muncul pada tahun 1990an sudah menggunakan teknologi GSM dan CDMA, sinyal digital tersebut sudah dapat melakukan panggilan pesan hingga sms. Keunggulan pada generasi 2G ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi sebelumnya dan pastinya lebih mudah digunakan dan dibawa kemanapun.

Sumber : Adrian Muhammad Blog

Lalu muncul generasi 3G yang memungkinkan jaringan yang disupport oleh operator mengakes internet. Pada generasi 3G ini sudah mulai dikenal dengan istilah smartphone, karena telepon genggam generasi 3G sudah bisa melakukan beberapa fungsi yaitu menelpon, sms hingga browsing di dunia maya.

Sumber : kompastekno

Diperkembangan terbaru munculah generasi 4G yang memungkinkan telepon genggam jauh lebih baik. Bukan hanya wireless broadband, tetapi 802.16e, CDMA, GSM, wireless LAN hingga bluetooth. Pada generasi 4G memberikan penggunanya unuk kualitas yang lebih sempurna, selain cepat dan volume tinggi bahkan jangkauan yang mendunia dapat diperoleh. Generasi 4G juga memungkinkan penggunanya mengakses multimedia berupa pengiriman gambar dan juga permainan online yang dulu hanya bisa diakses oleh komputer saja.

Sumber : Google

Ada peran yang penting dari setiap teknologi yang ada yaitu penyedia jasa atau yang sering disebut dengan operator. Sebut saja GSM dan CDMA, mereka memiliki peran penting dalam menyediakan layanan komunikasi bagi kita semua, operator pun menggunakan cara yang sudah lebih modern dalam menerbitkan GSM dan CDMA berupa kartu yang mudah digunakan. Sim card printer pun menjadi ujung tombak namun tetap berada dibelakang layar, karena Sim card printer inilah yang membuat dan menciptakan sistem pada semua Sim card yang ada di HP kalian.

Salah satu sim card printer yang banyak digunakan karena kualitasnya adalah Matica S7000 Platform, dengan sim card printer ini dapat menghasilkan kualitas GSM dan CDMA card yang nomor satu, kualitas diberikan tidak setengah-setengah.

Sumber : maticatech

Bagi Anda perusahaan operator yang ingin menggunakan Matica S7000 sim card printer dapat menghubungi distributor Matica di Indonesia yaitu Unicode Pratama.

 >>> Baca Juga : Ini Merk Gadget Ilegal Terbanyak di Indonesia

Back To Top