skip to Main Content

About Unicode Pratama

PT Unicode Pratama is a company engaged in the field of trade and services that focus on industry AIDC that was established in June 2008 and located in Jakarta. In today’s business challenges and the company continues to move forward in become the leading IT company in Indonesia.

Get In Touch

Ged. Plaza Harco Elektronik Mangga 2 Lantai 1 No. B1-11, Jakarta, Indonesia
(+6221)62203390
(+6221)6286021
sales@unicodepratama.com
http://unicodepratama.com

Our Location

+628176868308 sales@unicodepratama.com
Dibalik ATM Kalian

Sumber: google

Bagi kalian para pekerja pasti udah ga asing lagi dengan benda yang satu ini, ATM atau singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Apa yang kalian bayangin ketika denger kartu ATM? Gajian ya? Hehe

Biasanya senyum para pekerja terlihat kalau ngunjungin ATM di tanggal muda. Coz nominal di layar mesin ATM masih cerah. Iya ga sob?

Nah ngomngin soal kartu ATM, biasanya kita cuma fokus sama pikiran soal jumlah uang yang ada di dalemnya. Tetapi mungkin ada di antara kalian yang belum tau kenapa sih kartu yang bahannya plastik itu bisa nyimpen data uang kalian dan bisa kalian pake buat transaksi pembayaran.

Jadi gini, teknologi yang dipakai oleh kartu ATM kalian itu namanya magnetic stripecard. Kartu magnetic stripe adalah tipe kartu yang bisa nyimpen data dengan cara memodifikasi daya magnet dari partikel kecil magnetik berbasis besi yang ada di dalem pita dari material magnetik di kartu ATM kalian.

Magnetic stripe, terkadang disebut magstripe.Kartu magnetic stripe umumnya dipake pada kartu kredit, kartu identitas, dan tiket transportasi.

Seiring perkembangan teknologi, di zaman now yang lebih sering digunain adalah jenis smartcard. Smart card atau kartu pintar punya pengertian teknis yaitu sebuah kartu dengan IC (Integrated Circuit) yang tertanam didalamnya, dimana IC tersebut digunain untuk ngerjain proses informasi, juga memiliki media penyimpanan dengan kapasitas tertentu.

Magnetic stripe card dan smart card, keduanya nyimpen informasi di dalem media penyimpanan masing-masing (pita magnetik pada magnetic stripe card, dan IC atau chip pada smart card).

penampakan chip pada smartcard

Untuk ngebaca ataupun nulis informasi, perlu sebuah alat yang disebut dengan card reader atau encoder.

Contoh reader bisa kalian temuin ketika kalian transaksi di mesin ATM, yang tentu di dalemnya ada sebuah reader untuk ngebaca informasi pada kartu yang kalian masukin, demikian juga ketika kalian ngegesek kartu ATM atau kartu kredit pada reader untuk melakukan pembayaran.

Untuk dapat bekerja pasti jelas smart card ini harus diinstall oleh software khusus.

Dan pada mulanya kartu-kartu ATM kalian itu tidak bermotif alias polosan. Desain-desain menarik yang ada di kartu kalian itu didapat dari alat yaitu card printers.

 

 

 

Back To Top