skip to Main Content

About Unicode Pratama

PT Unicode Pratama is a company engaged in the field of trade and services that focus on industry AIDC that was established in June 2008 and located in Jakarta. In today’s business challenges and the company continues to move forward in become the leading IT company in Indonesia.

Get In Touch

Ged. Plaza Harco Elektronik Mangga 2 Lantai 1 No. B1-11, Jakarta, Indonesia
(+6221)62203390
(+6221)6286021
sales@unicodepratama.com
http://unicodepratama.com

Our Location

+628176868308 sales@unicodepratama.com
Cara Simpel Merawat Scanner Barcode Anda

 

Sebagaimana kita tahu bahwa barcode scanner merupakan kebutuhan yang menjadi penting dalam pegolahan data secara otomatis. Selain mengurangi tingkat human error, penggunaan scanner barcode pun meningkatkan efektifitas dan efisiensi input dan pengolahan data dari suatu barang yang dibeli label barcode.

Tentunya perusahaan tidak mau kalau alat scanner mereka tidak tahan lama. Apalagi pemakaian dalam durasi yang lama dapat mempercepat umur pakai scanner barcode sendiri.

Pada umumnya barcode scanner memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Antara lain bagian kaca scan, bagian tombol pengatur, dan bagian penutup.

Menurut jenisnya, scanner terbagi dua macam, yaitu Plat Bed Scanner dan Hand-held Scanner. Perbedaannya adalah, Plat bed scanner merupakan barcode scanner yang penggunaanya dilakukan dengan cara meletakan kertas (objek) yang akan discanner di antara penutup (cover) dengan lensa. Scaner jenis ini banyak digunakan di perkantoran karena lebih cepat dan efisien dalam melakukan scanner.

Sedangkan jenis lainnya yaitu Hand-held scanner adalah scanner tangan yang banyak dipakai untuk menscan harga barang (scanner barcode) di supermarket-supermarket. Oleh karena itu, cara merawat scanner tersebut sedikit berbeda karena fungsinya juga berbeda.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat barcode scanner lebih awet:

Bersihkan secara berkala bagian permukaan kaca scan

Bersihkan permukaan scanner dengan kain pembersih yang memiliki permukaan lembut dengan bahan microfiber, ini supaya serat kain tidak tertinggal atau menempel pada kaca scan.

 

Jangan menggunakan penutup scanner, jika sedang memindai materi dari majalah atau buku yang tebal atau memaksa menekannya sampai tertutup rapat.

Bila dipaksakan, hal tersebut dapat menyebabkan engsel penutup barcode scanner akan kendor, atau menjadi rusak.

Bersihkan kotoran/debu pada bagian dalam scanner

Tentu saja untuk membersihkan bagian dalam scanner, kita harus membongkar scanner dan kemudian memasangnya kembali seperti semula. Biasanya keberadaan kotoran atau debu yang menempel lama akan menumpuk. Sehingga mengganggu kerja alat pemindai ini. Alhasil jika didiamkan tentu dapat menggores alat scan sehingga kerusakan yang ditimbulkan malah dapat tambah parah.

Kalian dapat membersihkan bagian dalam scanner menggunakan kapas atau kain pembersih yang halus dengan bantuan sedikit cairan alkohol.

Hindari benturan yang terlalu keras.

Beberapa alat scanner memang tidak tahan terhadap benturan. Namun jenis-jenis tertentu didesain untuk tahan benturan. Beberapa jenis scanner barcode dapat kalian lihat di sini.

Back To Top