skip to Main Content

About Unicode Pratama

PT Unicode Pratama is a company engaged in the field of trade and services that focus on industry AIDC that was established in June 2008 and located in Jakarta. In today’s business challenges and the company continues to move forward in become the leading IT company in Indonesia.

Get In Touch

Ged. Plaza Harco Elektronik Mangga 2 Lantai 1 No. B1-11, Jakarta, Indonesia
(+6221)62203390
(+6221)6286021
sales@unicodepratama.com
http://unicodepratama.com

Our Location

+628176868308 sales@unicodepratama.com
Lebih Baik Mana Kartu Debit Atau Kartu Kredit?

Uang tunai sekarang sudah mulai ditinggalkan dalam transaksi besar, masyarakat lebih menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Dalam transaksi keuangan disetiap merchant umumnya memiliki alat pembayaran khusus debit card dan juga credit card. Kalian sebetulnya punya credit card atau debit card? Atau malah keduanya?. Sebetulnya kepemilikan akan debit card ataupun credit card itu kembali ke pribadi masing-masing, jika butuh dua-duanya, ya buat saja, toh masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kali ini kita bakal bahas info penting buat kalian, yaitu manfaat dari credit card dan juga debit card.

Beberapa manfaat credit card:

Sumber : google

  1. Tidak ada batas.

Bagi kalian yang suka belanja hingga lebih dari dana tabungan bisa kok, ya jelas bisa, credit card disukai karena fitur ini. Misalnya dana tabungan kalian hanya 4 juta rupiah, namun kalian ingin belanja barang yang harganya 5 juta, cuma credit card yang bisa kalian gunakan untuk membeli barang tersebut.

  1. Banyak promo.

Kalau untuk urusan ini tergantung merchant, namun biasanya toko besar menyediakan promo khusus bagi kalian pemilik credit card. Biasanya sih promo potongan disc sekian persen jika kalian menggunakan credit card, dan juga toko yang memberikan promo ini beragam, mulai dari merchant baju, perhiasan hingga restoran.

  1. Transaksi mudah diluar negeri.

Bagi pemilik credit card yang sedang ke luar negeri, kalian tetap bisa menggunakan credit card untuk berbelanja. Hal ini dikarenakan credit card biasanya sudah bekerja sama dengan ratusan merchant di seluruh dunia.

Manfaat dari debit card:

Sumber : google

  1. Bebas menarik uang cash.

Kemudahan dalam menarik dana dapat Anda rasakan jika menggunakan debit card. Transaksi penarikan dana umumnya tidak dikenakan biaya di ATM yang sesuai dengan bank yang kita terbitkan debit cardnya.

  1. Tidak ada denda atau bunga.

Kalau kalian memiliki credit card, dan tidak membayar cicilan sesuai dengan tanggal, maka akan di kenakan bunga yang di bebankan pada si pemegang credit card, namun berbeda dengan debit card, tidak ada denda sama sekali, karena biaya pembelian tersebut berasal dari dana simpanan pribadi.

  1. Bisa untuk berbelanja.

Kartu debit sekarang sudah bisa digunakan untuk transaksi dibeberapa merchant. Kemudahan dalam membayar juga ditawarkan pada debit card, Anda tinggal memberikan debit card untuk dicatan atau di tempelkan pada mesin EDC dan memasukan pin lalu transaksi selesai.

Kekurangan:

Debit card tidak dapat melakukan transaksi yang melewati batas dana simpanan dan juga minim promosi yang ditawarkan, sedangkan untuk credit card memiliki kekurangan yaitu ada biaya besar ketika tarik dana di ATM, beban bunga jika telak membayar.

Kesimpulan:

Jika kita dapat melihat point penting dari pembahasan ini, kita seharusnya tahu bahwa masing-masing produk perbankan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Bukan berarti lebih menguntungkan hanya menggunakan salah satunya saja, namun jika bisa di kombinasikan antara credit card dan juga debit card, akan lebih baik. Bagi perusahan perbankan sudah sepatutnya memilih vendor mesin kartu dan supply yang berkualitas, salah satunya disini.

 >>> Baca Juga : Sebetulnya Apa Fungsi Member Card?

Back To Top