skip to Main Content

About Unicode Pratama

PT Unicode Pratama is a company engaged in the field of trade and services that focus on industry AIDC that was established in June 2008 and located in Jakarta. In today’s business challenges and the company continues to move forward in become the leading IT company in Indonesia.

Get In Touch

Ged. Plaza Harco Elektronik Mangga 2 Lantai 1 No. B1-11, Jakarta, Indonesia
(+6221)62203390
(+6221)6286021
sales@unicodepratama.com
http://unicodepratama.com

Our Location

+628176868308 sales@unicodepratama.com
Yuk Intip Kasir!

 

Sumber: google

Pasti kalian hobi jajan kan? Kalau kalian lagi di kasir pernah kepo ga sih sama alat scan barcode yang dipake petugas kasir? Ketika mau bayar barang-barang belanjaan yang kita beli, pasti petugas kasir pake satu alat yang mereka arahin ke barcode yang ada di barangnya supaya tau harga barang yang kita beli.

Pernah nanya ga sih itu teknologi apa yang dipake? Ko bisa ya ketika barang jajanan kita di scan barcode-nya, terus muncul harga secara otomatis di layar kasir?

Berikut penjelasannya guys. Jadi teknologi yang ada di alat scanner barcode dan juga barcode (garis-garis yang terdiri dari kombinasi garis tebal dan tipis) yang ada di kemasan barang adalah contoh dari tekologi AIDC. AIDC sendiri merupakan singkatan dari Automatic Identification and Data Capture.

Perusahan-perusahaan manufaktur besar biasanya gunain teknologi ini untuk ngebantu mempermudah dan mempercepat input data guys.

Seperti yang tadi sedikit kita ulas di atas guys, AIDC diaplikasiin salah satunya ke scanner barcode yang biasanya ada di pasar swalayan. Cara kerjanya seperti ini :

Misal kalian belanja di psar swalayan, maka ketika barang belanjaan kalian serahin ke kasir, pasti bakal tau barang yang kalian beli itu melalui scanner barcode.

Dengan decoder yang ada di dalam alat scanner tadi, scanner barcode bakal mengubah citra gambar (dalam hal ini adalah gambar berbentuk garis-garis, yang kita kenal sebagai barcode) dan mengirimkannya ke sistem komputer secara otomatis sebagai file digital.

Sistem komputer yang menerima file digital ini kebetulan pada contoh tadi berupa aplikasi kasir yang ada dalam fitur perangkat mesin kasir. Oleh aplikasi mesin kasir tadi, file digital yang diterima bakal dikomparasi ke dalam database barang, misalnya data informasi harga.

Bener-bener canggih kan guys? Yang jelas banyak lagi hal-hal disekitar kita yang pake teknologi AIDC ini. Buat pengen tau lebih banyak tentang jenis alat beserta produsen alat terkenal berbasis AIDC bisa kalian liat di sini.

Nah kalian udah tau kan sekarang tentang teknologi apa yang ada di alat scanner barcode di kasir. Mulai sekarang kalau mau bayar belanjaan di kasir jangan lupa bagi ilmunya ke petugas kasirnya yaa. Tapi awas jangan ditaksir hehe…

 

 

 

Back To Top